Rusaknya Keseimbangan Lingkungan ?

Apakah anda percaya bahwa lingkungan di dunia ini semakin tidak stabil ? Banyak kawasan yang sudah rusak bahkan menjadi lahan yang tidak produktif. Banyak hutan, sungai, atau pun tempat lainnya yang sudah tercemar bahkan sampai rusak. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan di dunia ini.

Apabila lingkungan sudah tidak bersahabat dengan kita, maka kita juga yang akan merasakan dampak nya selain dari hewan-hewan dan juga tumbuhan. Rusak nya lingkungan itu bisa disebabkan oleh faktor alami dan juga oleh ulah manusia.

Sudah seharusnya, kita berterima kasih kepada lingkungan yang telah menyediakan kebutuhan kita dan kepada pencipta seluruh alam ini. Kita harus merawat dan menjaga apa yang telah diberikan oleh tuhan.
Ada beberapa hal, yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak seimbang. Diantaranya :

1. Penebangan dan Perburuan Liar
Hal ini merupakan hal yang sangat berefek negatif terhadap keseimbangan lingkungan di dunia ini. Penebangan di hutan, akan merusak ekosistem yang ada di hutan tersebut. Lagi pula, hutan memiliki peranan yang sangat penting sekali, dalam kelangsungan dunia ini, diantaranya yaitu merupakan tempat peresapan air dan juga sebagai rumah bagi para hewan yang tinggal di hutan.

Apabila tempat tinggal hewan nya sudah rusak (hutan), maka tidak dipungkiri lagi bahwa hewan nya pun perlahan demi perlahan akan punah. Hewan tersebut sudah tidak memiliki tempat tinggal, dikarenakan tempat tinggal nya sudah rusak. Dan hal tersebut, tentu nya merugikan bagi kita selaku manusia. Mungkin manusia, pada generasi berikut nya tidak mengetahui beberapa hewan dikarenakan ada hewan yang sudah punah.

Perburuan liar pun sama, apabila dilakukan akan mengakibatkan tidak seimbangnya sebuah lingkungan. Seharusnya, kita melindungi hewan-hewan yang terancam punah, yang bisa dilakukan dengan penangkaran, dan juga harus menangkap para pemburu liar, supaya mereka jera dan tidak melakukan hal tersebut lagi. Dikarenakan perburuan liar juga dapat merusak sistem rantai makanan dari beberapa hewan. Apabila sistem rantai makanan nya rusak, secara otomatis akan ada hewan yang lain yang akan rugi.

2. Aktivitas Pembangunan Liar
Pembangunan yang dilakukan dimana saja akan mengakibatkan juga hilangnya kestabilan lingkungan. Apabila kita membangun bangunan di sekitar perbukitan, maka akan mengurangi fungsi bukit tersebut. Jangan juga membangun lahan di atas hutan yang akan dibabat habis. Contoh lainnnya yaitu membangun villa di perbukitan, seperti yang terjadi di bogor. Hal tersebut menyebabkan resapan air hujan menjadi berkurang, dan imbas nya dirasakan oleh masyarakat bogor dan jakarta. Hal tersebut sangatlah merugikan !

3. Pembuangan Limbah dan Sampah
Limbah itu sangat banyak jenis nya, diantaranya seperti asap, gas, limbah pabrik atau pun yang lainnya. Apabila limbah tersebut dibuang secara sembarangan maka akan merusak juga keseimbangan lingkungan. Jangan sampai kita membuah limbah pabrik ke sungai atau laut. Hal tersebut akan menyebabkan rusak nya ekosistem di laut atau pun disungai. Hal yang paling kecil nya adalah buang sampah sembarangan.

Intinya kita harus mampu menjaga dan memelihara apa yang telah diberikan oleh tuhan. Karena lingkungan tersebut untuk kita manfaatkan, maka kita harus menjaganya. Apabila kita merusak nya, maka kita sendiri yang akan mendapatkan dampak nya.

Belum ada Komentar untuk "Rusaknya Keseimbangan Lingkungan ?"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel