Pembahasan Tentang Teropong

Teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh. Di kelompokan menjadi teropong bias dan teropong pantul. Teropong bias terdiri dari lensa. Dibagi menjadi empat, yaitu teropong bintang, teropong bumi, teropong panggung dan teropong prisma. Sedangkan teropong pantul adalah teropong yang terdiri dari lensa dan cermin.

Teropong Bias
1. Teropong Bintang
Teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda angkasa. Terdiri dari 2 lensa, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

2. Teropong Bumi
Teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda yang ada di bumi. Teropong ini terdiri dari 3 lensa cembung, yaitu lensa okuler, lensa objektif, dan lensa pembalik yang berfungsi untuk membalikan bayangan yang terbentuk pada lensa okuler.

3.Teropong Panggung
Teropong yang digunakan untuk mainan anak-anak. Terdiri dari lensa cembung (okuler) dan lensa cekung (objektif).

4.Teropong Prisma
Teropong yang terdiri dari lensa dan prisma siku-siku. Teropong ini memiliki lensa pembalik sama seperti teropong bumi. Lensa pembaliknya merupakan prisma siku-siku yang berfungsi untuk membalikan yang terbentuk pada lensa objektif.

Teropong Pantul
Teropong yang terdiri dari lensa dan cermin. Cermin yang digunakan merupakan cermin cekung dan cermin datar. Cermin merupakan pengganti lensa pada teropong pantul. Kelebihan menggunakan cermin, yaitu mudah diperoleh, murah, mudah dibentuk, tidak mengalami abrasi kromatik.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Tentang Teropong"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel