Pengertian dan Sebab Diat

Pengertian Diat
Diat menurut bahasa adalah denda atau ganti rugi atas pembunuhan. Sedangkan menurut istilah, diat adalah sejumlah harta yang wajib diberikan oleh pelaku pembunuhan kepada keluarga korban pembunuhan. Diat dilakukan untuk meringkankan beban keluarga korban serta agar tidak muncul rasa dendam.
Dasar hukum mengenai diat terdapat pada surat An-Nisa : 92

وَمَا كَانَ لِمُؤۡمِنٍ أَن يَقۡتُلَ مُؤۡمِنًا إِلَّا خَطَ‍ٔٗاۚ وَمَن قَتَلَ مُؤۡمِنًا خَطَ‍ٔٗا فَتَحۡرِيرُ رَقَبَةٖ مُّؤۡمِنَةٖ وَدِيَةٞ مُّسَلَّمَةٌ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦٓ إِلَّآ أَن يَصَّدَّقُواْۚ فَإِن كَانَ مِن قَوۡمٍ عَدُوّٖ لَّكُمۡ وَهُوَ مُؤۡمِنٞ فَتَحۡرِيرُ رَقَبَةٖ مُّؤۡمِنَةٖۖ وَإِن كَانَ مِن قَوۡمِۢ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَهُم مِّيثَٰقٞ فَدِيَةٞ مُّسَلَّمَةٌ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦ وَتَحۡرِيرُ رَقَبَةٖ مُّؤۡمِنَةٖۖ فَمَن لَّمۡ يَجِدۡ فَصِيَامُ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ تَوۡبَةٗ مِّنَ ٱللَّهِۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمٗا 

Artinya :
Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja), dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. Jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Barangsiapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut untuk penerimaan taubat dari pada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ayat diatas merupakan dasar hukum dilaksanakannya diat. Apabila seseorang membunuh karena tersalah (tidak disengaja) maka pembunuh tersebut harus membayar diat kepada keluarga korban.

Sebab Diat
Diat dilakukan dengan sebab-sebab sebagai berikut :
  • Pembunuhan yang dilakukan secara sengaja, akan tetapi pelaku dimaafkan oleh keluarga korban
  • Pembunuhan yang dilakukan secara sengaja, namum pelaku pembunuhan melarikan diri akan tetapi diketahui identitas nya. Maka diat dibebankan kepada ahli waris
  • Pembunuhan yang dilakukan seperti disengaja
  • Pembunuhan yang dilakukan tidak disengaja (tersalah)
  • Qisas sulit untuk dilakukan

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Sebab Diat"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel