Pembahasan Tentang Isra Mikraj

Isra Mikraj merupakan salah satu mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalam peristiwa isra mikraj ini, terdapat hal yang penting yaitu diterimanya perintah untuk shalat lima waktu. Isra Mikraj, terdiri dari dua kata yaitu Isra dan Mikraj. Peristiwa Isra Mikraj terjadi pada tanggal 27 Rajab, tepatnya pada tahun 622 Masehi.

Secara bahasa, isra berarti berjalan di waktu malam. Sedangkan menurut istilah adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW di waktu malam, dari Masjidil Haram di Mekah hingga ke Masjidil Aqsha di Palestina. Dan Mikraj secara bahasa yaitu alat untuk naik (tangga). Sedangkan menurut istilah adalah dinaikkan nya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsha ke langit sampai ke Sidaratul Muntaha.

Dalil Al-Qur'an mengenai peristiwa Isra Mikraj ini terdapat dalam surat Al-Isra : 1

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, ada tiga reaksi mengenai terjadinya peristiwa tersebut, yaitu :
1. Kelompok yang membenarkan sepenuhnya, yaitu para sahabat nabi yang memang mendapat petunjuk dari Allah SWT
2. Kelompok yang ragu-ragu
3. Kelompok yang terang-terangan menolak

Mungkin pada saat itu keilmuan dan pengetahuan manusia masih terbatas, sebagai contohnya pada saat itu belum ada yang nama nya "pesawat." Berbeda dengan zaman sekarang yang serba canggih. Kita sebagai umat muslim harus percaya dengan peristiwa isra mikraj ini, karena untuk urusan agama tidak semua nya dapat dipikirkan secara rasional. Dan peristiwa tersebut merupakan mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

والله أعلمُ بالـصـواب

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Tentang Isra Mikraj"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel