Pembahasan Tentang Komet

Komet Bercahaya
Komet merupakan anggota tata surya yang terdiri atas pecahan benda angkasa, es, dan gas yang membeku. Komet mengorbit matahari dalam suatu lintasan elips. Struktur nya terdiri atas kepala dan ekor komet. Kepala komet mempunyai diamteter lebih dari 65.000 Km, meliputi ini komet dan koma, sedangkan ekor komet dapat mempunyai panjang sampai ribuan kilometer yang arah nya selalu menjauhi matahari.

Lintasan komet terhadap matahari dibagi dua yaitu periodik dan non periodik. Kalau periodik yaitu lintasan komet terhadap matahari yang berbentuk elips, sedangkan non periodik adalah lintasan komet terhadap matahari yang berbentuk parabola dan hiperbola. Berdasarkan penjang lintasan nya, dibagi menjadi dua yaitu komet berekor panjang dan komet berekor pendek.

Komet berekor panjang, yaitu komet yang garis lintasan nya sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di angkasa, sehingga berkesempatan untuk menyerap gas yang dilalui nya. Contoh nya komet kohoutek dan komet halley. Sedangkan komet berekor pendek, yaitu komet yang garis lintasan nya sangat pendek sehingga kurang mempunyai kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilalui nya. Contoh nya komet encke.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Tentang Komet"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel