Penting nya Berprasangka Baik !

Berbaik sangka
Sumber : http://morethanshipping.com
Kita tahu bahwa positive thinking itu merupakan hal yang baik, namun terkadang kita suka lupa dengan hal yang satu ini. Positive thinking atau berpikiran positif (berbaik sangka) akan memberikan efek yang positif kepada diri kita sendiri. Banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan apabila kita berpikiran positif, seperti akan mengurangi rasa stress, menjadi lebih tenang, menjadi lebih percaya diri, memiliki banyak teman dan lain-lain.

Dalam agama Islam pun, kita diperintahkan untuk senantiasa berpikiran yang positif. Seperti pada dalil dibawah ini :

أبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَإٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

Hadits abu hurairah r.a. ia berkata rasulullah saw bersabda: "Allah berfirman: 'Aku berada pada sangkaan hamba-Ku, Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku, jika ia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat pada-Ku satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari."

Yang saya tekankan pada artikel kali ini, adalah di bagian prasangka Allah terhadap hambanya. Bahwa "Sesungguhnya prasangka Allah itu bergantung kepada prasangka hambanya." Meskipun sudah ada takdir yang mengatur, akan tetapi kalau kita berprasangka baik kepada Allah, insyaallah Allah pun akan berprasangka baik pula kepada kita.

Misal nya, jika kita seorang pedagang es krim lalu kita akan berjualan namun cuaca sedang hujan. Mungkin banyak yang berpikiran "saya tidak bisa berdagang karena diluar hujan dan mana ada orang yang mau beli es krim di saat hujan." Akan tetapi hujan itu kan hanya disebagian daerah saja, mungkin di daerah lain bisa saja tidak hujan. Apabila kita berbaik sangka kepada Allah dan kita mencoba untuk menjual es krim tersebut, insyaallah Allah pun akan memberi bantuan kepada kita.

Belum ada Komentar untuk "Penting nya Berprasangka Baik !"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel