Rangkuman Dinamika Perubahan Atmosfer

Atmosfer berasal dari kata atmos berarti uap dan sphaira berarti bola bumi. Jadi, atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi bumi. Lapisan atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari gangguan benda dan radiasi matahari. Lapisan atmosfer mencapai 1000 km dan berat 6 milyar ton.

Beberapa ciri atmosfer, yaitu tidak memiliki warna, tidak berbau, tidak berwujud, memiliki berat, memiliki sifat dinamis dan elastis. Secara vertikal, lapisan atmosfer dibagi menjadi lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, dan thermosfer. Sedangkan persebaran kondisi atmosfer secara horizontal hanya berada pada lapisan troposfer dan keadaannya berbeda-beda.

Cuaca adalah suatu keadaan udara pada suatu saat di suatu tempat, jangkauannya pun sempit dan waktu nya relatif sebentar. Sedangkan iklim adalah suatu keadaan umum kondisi cuaca yang meliputi daerah yang luas, jangkauannya luas da waktunya pun lebih lama dibandingkan dengan cuaca.

Ilmu yang mempelajari tentang cuaca yaitu meteorologi dan ilmu yang mempelajari tentang iklim yaitu klimatologi. Pengamatan keadaan cuaca atau iklim biasanya memperhatikan sejumlah persebaran komponen cuaca, yaitu tekanan udara, temperatur, kelembaban, awan, curah hujan, sinar matahari.

Pembagian iklim, antara lain yaitu iklim matahari, iklim koppen, iklim schmidt fergusson dan iklim f.junghuhn. Jenis vegetasi alam menurut iklim dibedakan menjadi enam, yaitu padang rumput, gurun, tundra, hutan basah, hutan gugur, dan taiga. Iklim global dapat berubah dikarenakan meningkatnya konsentrasi gas di atmosfer.

Sedangkan dampak dari perubahan iklim global, yaitu :
  • Mencairnya bongkahan es dikutub
  • Air laut naik
  • Perubahan iklim yang ekstrim
  • Meningkatnya resiko kebakaran hutan

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Dinamika Perubahan Atmosfer"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel