Keberhasilan Kurikulum 2013

Untuk menggapai keberhasilan kurikulum 2013, sedikit nya ada dua faktor. Yang pertama yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dengan dengan kurikulum. Yang kedua yaitu ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan bahan pegangan siswa, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen sekolah.

Keberhasilan Kurikulum
Implementasi Kurikulum
Sumber : kemdikbud.go.id
Kita dapat lihat dari skema diatas, bahwa pengajar harus mampu untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang diberikan oleh pemerintah. Nanti nya peserta didik akan mengikuti kurikulum yang diajarkan dengan beberapa pendukung seperti buku pegangan yang sesuai dengan kurikulum. Yang akhir nya dapat menghasilkan lulusan yang kompeten.

Bagaimana Untuk Mempersiapkan Tenaga Pengajar ?
Mari kita lihat skema dibawah ini :

Strategi Penyiapan Guru
Sumber : kemdikbud.go.id
Dalam skema tersebut dapat kita lihat, bahwa pengajaran bersumber dari tim pengembang kurikulum. Dari tim pengembang kurikulum, pengajaran diberikan kepada instruktur diklat. Setelah itu dari instruktur diklat diberikat kepada guru utama, dan dari guru utama disampaikan kepada seluruh guru. Pada guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus dimiliki, yaitu kompetensi akademik, pedadogi, sosial, dan kepemimpinan.

Melalui kurikulum 2013 ini, diharapkan siswa memiliki kompetensi yang lebih baik lagi. Mereka akan lebih kreatif dan produktif, apabila kurikulum 2013 ini berjalan dengan lancar.

Referensi : kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "Keberhasilan Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel