Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang cerita nya didasarkan atas urutan kejadian atau peristiwa (kronologis). Narasi dapat bersifat fakta atau fiksi (cerita rekaan). Paragraf narasi merupakan paragraf yang mengisahkan sesuatu atau tokoh yang biasanya berbentuk jenis prosa yaitu novel dan cerpen. Sedangkan narasi yang bersifat fakta antara lain biografi dan auto biografi.

Oleh karena itu, di dalam paragraf narasi terdapat tokoh, latar, alur, karakter tokoh, dan amanat. Dengan demikian, paragraf narasi bersifat menceritakan atau mengisahkan sesuatu penceritaan atau pengisahan dalam paragraf narasi hanya merupakan bagian dari sebuah cerita atau kisah. Dengan kata lain, sebuah cerita tidak hanya menggunakan paragraf narasi, tetapi juga dapat berisi atau terdiri atas jenis paragraf lainnya.

- Contoh Paragraf Narasi :
Hanafi di pandang sebagai seorang sahabat saja yang dibawa bergaul pada saat bertemu saja. Padahal dari kecil ia sudah berkenalan, sudah sama-sama bermain meskipun hanafi tiga tahun lebih tua dari dia. Dahulu masa di Sekolah rendah di Solok, ia memandang hanafi seolah-olah saudara tua nya dan acap kali.

Hanafi melindungi nya jika ada seorang anak laik-laik yang hendak menganiyayanya. Waktu itu ia datang ke Betawi, masih mendapati hanafi di Bota itu, enam bulan sesudah itu barulah hanafi pulang ke Sumatera Barat. Tapi dalam enam bulan itu, hanafi hanya dua tiga kali berjumpa dengan kawan nya itu. Selama masa di asrama Salemba. Tidak pula berkirim-kirim surat dengan dia. Hanafi dan dia seperti saudara sehingga persahabatan nya pun kekal.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel