Kisah Ashabul Kahfi

Ashabul Kahfi artinya pemilik Gua. Di dalam Al-Qur’an terdapat sebuah kisah tujuh pemuda yang tertidur di dalam gua selama, 309 tahun lamanya, untuk menghindari dari pemaksaan penyelewengan akidah dan tauhid kepada kemusyrikan.

Dalil tentang lamanya tidur Ashabul Kahfi :

وَلَبِثُواْ فِي كَهۡفِهِمۡ ثَلَٰثَ مِاْئَةٖ سِنِينَ وَٱزۡدَادُواْ تِسۡعٗا ٢٥

"Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)"
(Al Kahfi :25)

Para pemuda ashabul kahfi ini hidup pada masa Raja Decius (Diqyanus) di Rumania. Mereka hidup di tengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang zalim. Raja Decius ini selalu memantau setiap rakyat nya dan memerintahkan untuk mengikutinya, yaitu menyembah berhala. Pada saat itu ada para pemuda (ashabul kahfi) yang enggan mengikuti perintah raja nya, yakni menyembah berhala.

Pada awal nya raja tersebut ingin membunuh para pemuda tersebut, akan tetapi raja memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk memikirkan keputusan nya matang-matang. Setelah raja melepaskan para pemuda tersebut dengan tujuan untuk memikirkan kembali keputusannya, kesempatan ini digunakan para pemuda untuk melarikan diri dan bersembunyi di sebuah gua.

Dalil mengenai jumlah pemuda ashabul kahfi :

سَيَقُولُونَ ثَلَٰثَةٞ رَّابِعُهُمۡ كَلۡبُهُمۡ وَيَقُولُونَ خَمۡسَةٞ سَادِسُهُمۡ كَلۡبُهُمۡ رَجۡمَۢا بِٱلۡغَيۡبِۖ وَيَقُولُونَ سَبۡعَةٞ وَثَامِنُهُمۡ كَلۡبُهُمۡۚ قُل رَّبِّيٓ أَعۡلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعۡلَمُهُمۡ إِلَّا قَلِيلٞۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمۡ إِلَّا مِرَآءٗ ظَٰهِرٗا وَلَا تَسۡتَفۡتِ فِيهِم مِّنۡهُمۡ أَحَدٗا ٢٢

22. Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya". Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka

Menurut Ibnu Abbas pendapat yang kuat yaitu tujuh orang dan yang kedelapan termasuk anjing.

Kemudian para pemuda tersebut berangkat untuk bersembunyi di sebuah gua di Gunung Yanjalus. Setelah Raja Decius mengetahui bahwa para pemuda tersebut bersembunyi di gua, lalu raja dan pasukannya mendatangi gua tersebut, akan tetapi Allah menjadikan para pemuda tersebut tidur nyenyak. Dan raja pun membiarkan mereka, lalu gua tersebut ditutup rapat supaya mereka mati di dalam gua.

Seiring dengan berjalan nya waktu zaman sudah berubah, Raja Dicyanus dan para pengikut nya meninggal. Setelah kurang lebih 300 tahun mereka tinggal di gua, daerah Rumania telah dikuasai oleh raja yang saleh yang bernama Baidrus. Pada zaman Raja Baidrus inilah, ashabul kahfi dibangunkan kembali dari tidurnya. Dan ketika kembali untuk membeli makanan para pedagang terkejut, karena uang yang digunakan itu adalah uang kuno. Lalu para pemuda itu dibawa kepada raja, dan peristiwa itu membuat geger masyarakat di negara itu, karena ada orang yang sudah mati 309 tahun kemudian hidup lagi.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Ashabul Kahfi"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel