Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Untuk kalangan pelajar istilah "pendidikan" sudah tidak asing lagi. Pasti dapat menyebutkan hal apa saja yang berkaitan dengan "pendidikan" yaitu belajar, sekolah, siswa, dan lain-lain. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa pengertian pendidikan secara umum dan menurut para ahli.

Pendidikan secara umum adalah hubungan normatif antara individu dengan nilai, artinya segala situasi yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Itu makna "pendidikan" secara umum. Adapun ilmu pendidikan disebut juga sebagai pedagogik, yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu pedagogics.

Pengertian pendidikan menurut beberapa para ahli :
  • KBBI (1991)
Pendidikan adalah suatu proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
  • Mc Leon (1989)
Pendidikan adalah perbuatan atau proses untuk memperoleh pengetahuan.
  • Mubyahardjo (2001)
Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup (long life education).
  • Muhibinysah (2003)
Pendidikan adalah suatu proses dengan metode tertentu untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku sesuai dengan kebutuhan.
  • John Dewey
Pendidikan adalah proses pengembangan kemampuan dasar yang fundamental yang menyangkut kepada daya pikir, daya intelektual, daya emosional yang diarahkan kepada tabiat manusia.
  • Abdul Fathah Jalal
Pendidikan adalah ta'lim yaitu pengajaran yang bersifat pemyampaian ilmu dan keterampilan berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.
  • Undang-Undang Pendidikan Nasional (2003)
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana agar terwujudnya suasana belajar dan peserta didik supaya aktif dalam mengembangkan potensi dirinya.

Ada kesamaan pendapat menurut Mubyahardjo dengan pendidikan menurut umum, yaitu menitikberatkan kepada pengalaman belajar yang berlangsung sepanjang hidup. Sedangkan menurut para ahli yang lainnya lebih menitikberatkan pada proses atau pun usaha.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel