Keberagaman di Indonesia

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki kekayaan dan keberagaman budaya. Baik kekayaan alam maupun keberagaman budaya di Indonesia, seperti beragam nya suku bangsa, pakaian adat, rumah adat, bahasa daerah, tarian daerah, makanan tradisional, lagu daerah, agama, dan masih banyak lagi. Kekayaan dan keberagaman negara kita, harus kita ketahui selaku warga sekaligus pemilik kebudayaan tersebut agar kita lebih cinta dan dapat melestarikan hingga mewariskan nya ke anak cucu kita.

Beberapa keberagaman yang ada di Indonesia :
  • Suku bangsa
Untuk poin ini, pasti semua pun sudah tahu, bahwa Indonesia memiliki banyak suku. Bahkan ada istilah "Berbeda-beda tetapi tetap satu", hal tersebut menunjukan bahwa negara Indonesia ini adalah negara yang kaya akan keberagaman. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku bangsa. Di dalam satu pulau bisa terdapat beberapa suku bangsa, seperti di Pulau Jawa terdapat suku sunda, betawi, jawa, dan lain-lain.
  • Pakaian adat
Selain dari suku bangsa, Indonesia pun memiliki keberagaman dalam hal pakaian. Setiap daerah memiliki pakaian adat nya tersendiri. Contoh pakaian adat dari Jawa Barat :
Pakaian Adat
Sumber : http://www.azamku.com
  • Rumah adat
Rumah adat di Indonesia pun sangat beragam. Perbedaan nya dapat dilihat dari bentuk nya. Mungkin struktur rumah adat disesuaikan dengan kondisi waktu dahulu. Seperti kalau zaman manusia berburu (purba), membuat rumah panggung supaya terhindar dari binatang yang akan masuk. Berikut salah satu contoh rumah adat dari NAD (Nanggro Aceh Darussalam, yaitu Rumah Krong Bade.
Rumah Adat
  • Bahasa
Indonesia juga memiliki keberagaman dalam hal bahasa. Contoh nya seperti bahasa betawi yang digunakan oleh orang DKI Jakarta. Saya sendiri sebagai orang sunda, menggunakan dua bahasa yaitu bahasa sunda sebagai bahasa daerah dan juga bahasa indonesia sebagai bahasa nasional.
  • Tarian daerah
Tarian di Indonesia sangat beragam. Contoh nya seperti tari kecak dari Bali, tari piring dari Sumatera Barat. Berikut contoh tari kecak dari Bali :
Tari Kecak

Belum ada Komentar untuk "Keberagaman di Indonesia"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel