Apa itu Uang ?

Nah, bicara mengenai hal ini pasti semua orang tahu, apa itu uang ? Bukan hanya orang dewasa saja yang tahu uang, akan tetapi anak kecil umur 4 tahun pun sudah tahu apa uang.
Uang Indonesia
Yang diatas itu merupakan mata uang indonesia yang berbentuk kertas, selain kertas pun ada yang berbentuk logam. Setiap negara memiliki mata uang nya sendiri. Mata uang yang digunakan dalam patokan internasional adalah uang Dollar $.
Ini bukti bahwa anak kecil pun tahu uang :D
Anak kecil tahu uang
Dari gambar tersebut dapat kita lihat, bahwa anak kecil pun tahu uang. Ketika di kasih uang Rp 5000 dia masih nangis. Ketika diberi uang Rp 100.000, dia malah senyum. Hal itu menunjukan bahwa dia tahu nilai uang, bahwa uang seratus ribu itu lebih besar nilai nya dibandingkan dengan uang lima ribu.

Memang menjadi hal yang lazim, bahwa kita mengetahui uang. Setiap hari kita melihat orang bertransaksi dengan menggunakan uang.
Akan tetapi, apa kita bisa mendefinisikan apa itu uang ?
Mengutip dari Wikipedia, bahwa uang adalah :
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum
Kalau saya belajar di sekolah, mendefinisikan uang itu adalah "segala sesuatu yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat sebagai alat perantara dalam sebuah pertukaran."

Setelah itu muncul sebuah pertanyaan, "kenapa uang diciptakan ? Sebenar nya uang itu untuk apa ?"
Kalau ada pertanyaan seperti itu, anak kecil juga pasti bisa jawab. Mungkin ada yang menjawab seperti ini, "buat jajan, kalau gak ada uang gak bisa jajan." Mungkin itu jawaban anak polos :D. Hal itu dapat diterima, kalau dalam pelajaran ekonomi mungkin lebih dikenal dengan istilah sebagai "alat pembayaran."

Uang diciptakan untuk memudahkan dalam bertransaksi. Sebelum ada uang, manusia memenuhi kebutuhan nya dengan barter (tukar-menukar). Dengan adanya uang, lebih memudahkan kita untuk melakukan sebuah transaksi (memenuhi kebutuhan).

Berikut fungsi-fungsi uang :
  1. Money of Exchange
  2. Satuan hitung (Unit of Account)
  3. Alat pembayaran (Payment)
  4. Penyimpan nilai atau kekayaan (Store of Value)
  5. Ukuran untuk pembayaran pada masa depan (Standard of Deffered Payment)
Dari kelima poin tersebut, fungsi uang dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Poin satu dan dua merupakan fungsi asli, sedangkan poin tiga sampai lima merupakan fungsi turunan.

Nah, setelah itu mungkin muncul sebuah pertanyaan "kenapa uang itu berbeda-beda ? Kenapa ada yang terbuat dari kertas dan ada yang terbuat dari logam ?"
Mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita masuk ke bagian jenis-jenis uang. Uang banyak jenis nya, bisa dilihat dari bahan pembuatannya (kertas dan logam), berdasarkan nilai nya, dan lain-lain.

Namun, secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu :
  • Barang / Komoditas, contoh nya seperti kulit harimau, gading, garam, dan lain-lain
  • Kartal, untuk kartal dibagi menjadi dua, yaitu uang kertas dan uang logam
  • Giral, contoh nya seperti giro, bank draft, promes
Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan bagi anda. Bagi yang memiliki saran atau ada pertanyaan silahkan isi di kotak komentar. Semoga bermanfaat :)

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Uang ?"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel