Bagamana Cara Melestarikan Mahluk Hidup ?

Di berbagai belahan dunia ini terdapat berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Setiap spesies memiliki ciri khas dan manfaat nya tersendiri. Apabila salah satu nya ada yang punah, mungkin akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup mahluk lain.

Dikarenakan tumbuhan dan hewan pun tak luput dalam berinteraksi dengan tumbuhan atau pun hewan lain. Apabila salah satu nya ada yang punah, maka ekosistem atau rantai makanan nya pun akan terganggu.
Sudah semestinya, kita sebagai manusia untuk menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan.

Dikarenakan, kita juga yang memanfaatkan tumbuhan dan hewan dalam kehidupan sehari-hari. Tuhan menganugerahkan kepada kita, kekayaan alam beserta isinya ini untuk kita manfaatkan dan juga lestarikan. Manusia juga tidak bisa hidup apabila tidak ada tumbuhan atau hewan. Karena kita pun tak luput dalam memenuhi kebutuhan yang bersumber dari tumbuhan atau pun hewan.

Bagaimana cara melestarikannya ?
Banyak hal yang dapat kita lakukan, dimulai dari hal yang paling kecil, seperti jangan merusak tempat tinggal nya. Adapun usaha pelestarian hewan dan tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua macam usaha, yaitu pelestarian in situ dan pelestarian ex situ.

1. Pelestarian In Situ
Pelestarian In Situ yaitu pelestarian yang dilakukan habitat asli hewan atau tumbuhan. Contoh nya yaitu suaka margasatwa, hutan lindung, dan taman nasional.
- Suaka margasatwa adalah kawasan yang dikhususkan untuk melindungi hewan.
- Hutan lindung adalah kawasan yang dikhususkan untuk melindungi tumbuhan.
- Taman nasional adalah kawasan yang dikhususkan untuk melindungi hewan dan tumbuhan.

2. Pelestarian Ex Situ
Pelestarian Ex Situ yaitu pelestarian yang dilakukan bukan di habitat aslinya, melainkan diluar habitatnya. Hal ini dapat dilakukan dikarenakan tumbuhan atau hewan tersebut sudah tidak memiliki tempat tinggal aslinya yang bisa disebabkan karena rusaknya tempat tinggal hewan atau tumbuhan tersebut. Pelestarian Ex Situ juga bisa dilakukan sebagai upaya dalam pengembangbiakkan hewan maupun tumbuhan langka, untuk penelitian atau pun untuk rehabilitasi dan juga penangkaran. Contoh pelestarian Ex Situ, seperti kebun binatang, penangkaran, dan lain-lain.

Mungkin untuk dua nomor tadi, biasanya dilakukan oleh orang yang berwenang seperti pemerintah. Tetapi kita pun sebagai warga (masyarakat), bisa melakukan pelestarian hewan dan tumbuhan dimulai dari hal yang kecil. Misalnya kita memelihara dan menjaga hewan dan tumbuhan yang ada disekitar rumah kita, hal tersebut pun setidaknya dapat membantu dalam melestarikan mahluk hidup (hewan dan tumbuhan).

Belum ada Komentar untuk "Bagamana Cara Melestarikan Mahluk Hidup ?"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel