Pembahasan Tentang Galaksi

Galaksi adalah kumpulan bintang dalam jumlah yang sangat besar, satu atau beberapa bintang membentuk pusat galaksi, bintang-bintang lainnya beredar mengelilingi pusat galaksi secara teratur.
Jarak antar galaksi tidak kosong melainkan mengandung materi yang disebut zat intergalaksi yang terdiri dari proton, elektron, dan ion lain yang bergerak simpang siur dalam jagat raya.

Ciri-Ciri Galaksi
  1. Mempunyai cahaya sendiri, bukan cahaya pantulan
  2. Jarak antara satu galaksi dengan galaksi lain yaitu jutaan tahun cahaya.
  3. Galaksi mempunyai bentuk.
Bentuk-Bentuk Galaksi
  1. Galaksi Spiral.
  2. Galaksi Spiral Berpalang.
  3. Galaksi Elips.
  4. Galaksi Tak Beraturan.

1. Galaksi Spiral
Galaksi Spiral
Galaksi ini memiliki roda-roda cathorina dengan lengan-lengan berbentuk spiral keluar dari pusat yang terang. Galaksi ini memiliki tiga bagian, yaitu pusat galaksi, bidang galaksi, dan dan halo. Jumlah galaksi ini sekitar 60%. Contoh galaksi spiral, yaitu galaksi bima sakti (yang merupakan galaksi yang ditempati oleh planet bumi), galaksi andromeda, galaksi silvery coin, dan galaksi roda biru.

2. Galaksi Spiral Berpalang
Galaksi ini memiliki lengan-lengan yang keluar dari bagian ujung suatu pusat. Bentuk lengan nya melengkung berawal dari ujung garis. Jumlah nya kira-kira 18%. Contoh galaksi spiral berpalang, yaitu galaksi NGC 1300.

3. Galaksi Elips
Galaksi Elips
Galaksi ini berbentuk elips, mulai dari bentuk hampir menyerupai bola kaki sampai pada bentuk yang sangat lonjong. Dan jumlah galaksi ini sekitar 18%. Contoh galaksi elips, yaitu galaksi skulpter, galaksi NGC 147.

4. Galaksi Tak Beraturan
Galaksi ini terlihat sebagai gumpalan kabut. Anggota dari galaksi ini yaitu bintang tua dan bintang muda, banyak mengandung materi. Jumlah nya kira-kira 4%. Contoh galaksi ini yaitu galaksi magellan yang terdiri atas kabut magellan besar dan kabut magellan kecil, galaksi ini merupakan galaksi yang terdekan dengan galaksi bima sakti yang jarak nya kurang lebih 150.000 tahun cahaya yang berada dibelahan langit selatan.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Tentang Galaksi"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel