Tingkat Organisasi Kehidupan

Objek dan permasalahan dalam bidang biologi meliputi berbagai tingkat organisasi kehidupan. Tingkat organisasi kehidupan dari urutan terendah sampai tertinggi yaitu :
  1. Sel
  2. Jaringan
  3. Organ
  4. Sistem Organ
  5. Individu
  6. Populasi
  7. Komunitas
  8. Ekosistem
  9. Bioma
  10. Biosfer

1. Sel
Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil dari mahluk hidup. Mahluk hidup terbagi menjadi dua organisme yaitu organisme uniseluler dan organisme multiseluler. Organisme uniseluler yaitu organisme yang tersusun oleh satu sel, contoh nya bakteri, protozoa. Sedangkan organisme multiseluler adalam organisme yang tersusun oleh banyak sel, contoh nya manusia.
Sel tersusun atas inti sel, membran sel, sitoplasma, dan organel sel.

2. Jaringan
Jaringan merupakan gabungan dari sel-sel yang memiliki fungsi yang sama. Contoh jaringan pada manusia atau hewan vertebrata yaitu jaingan epitel, jaringan otot, jaringan saraf. Jaringan pada tumbuhan, misalnya jaringan epidermis.

3. Organ
Organ merupakan gabungan dari berbagai jaringan bersatu dan menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ pada manusia yaitu mata, jantung, hati. Mata terbentuk dari dua jaringan, yaitu jaringan otot dan jaringan saraf. Contoh organ pada tumbuhan, yaitu akar, batang, bungan, dan daun.

4. Sistem Organ
Sistem Organ merupakan gabungan dari berbagai organ yang berkerja sama untuk menjalankan suatu fungsi tertentu. Koordinasi dari berbagai organ membentuk sistem organ. Sistem organ yang terdapat pada manusia antara lain sistem rangka, sistem hormon.

5. Individu
Individu merupakan gabungan dari berbagai sistem organ yang membentuk suatu organisasi kehidupan sehingga terbentuk organisme. Individu adalah mahluk hidup tunggal. Contoh nya seekor kucing, seekor ikan, sebuah pohon apel.

6. Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah. Contoh nya populasi badak bercula satu di Ujung Kulon.

7. Komunitas
Komunitas adalah kumpulan populasi dari berbagai spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di suatu habitat. Contoh nya komunitas lapanganrumput, yang terdiri dari populasi gajah, belalang, rumput, dan semut.

8. Ekosistem
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antar sesama mahluk hidup, baik abiotik maupun biotik.

9. Bioma
Bioma adalah ekosistem darat yang mencakup daerah yang sangat luas.

10. Biosfer
Biosfer adalah semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia.

Belum ada Komentar untuk "Tingkat Organisasi Kehidupan"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel